Kulit Kering pada Bayi

Kulit Kering pada Bayi Gejala Psoriasis, Kenali Bedanya

Sebarkan info ini:

Daftar Isi

Kulit bayi Anda kering? Masalah kulit kering pada bayi sebenarnya merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi. Penyebabnya cukup banyak, namun semuanya berasal dari kulit bayi yang lebih sensitif secara alamiah dibanding kulit orang dewasa.

Meski demikian, terdapat beberapa masalah kesehatan yang lebih serius dengan kulit kering sebagai gejalanya. Salah satunya, psoriasis. Teruskan membaca untuk mengenali psoriasis lebih jauh, mulai dari definisi, penyebab, hingga cara mengatasi psoriasis untuk dapat mengetahui kondisi bayi Anda dan menentukan cara penanganan yang paling tepat untuknya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Itu Psoriasis?

Psoriasis merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan yang tampak dalam bercak-bercak merah dan gatal. Jika sudah dalam kondisi kronis, psoriasis dapat menyebabkan kulit kering pada bayi dan menjadi gatal, biduran dan bersisik

Psoriasis sendiri tidak mengenal rentang usia. Mulai dari bayi hingga orang dewasa memiliki kemungkinan untuk terserang psoriasis. Beberapa bahkan mengalami gejala-gejala psoriasis sejak mereka masih anak-anak. 

Data dari WebMD menunjukkan bahwa sebanyak 40% dari orang yang mengalami psoriasis telah memiliki gejala sebelum mereka berusia 16 tahun dan sebanyak 10% di antaranya menunjukkan gejala bahkan sebelum berusia 10 tahun.

Apa yang menyebabkan kulit pada bayi kering atau psoriasis?

Meski terjadi pada kulit, psoriasis bukanlah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri, serta tidak ada hubungannya dengan tingkat sanitasi seseorang. 

Psoriasis dapat terjadi karena proses alamiah tubuh untuk memproduksi sel kulit, namun dalam kadar yang terlalu tinggi. Pada tahap normal, sel kulit membutuhkan waktu sekitar 28-30 hari untuk tumbuh dan mengelupas dari tubuh. 

Sedangkan pada tubuh mereka yang mengalami psoriasis, proses ini hanya berlangsung selama 3-4 hari sehingga permukaan kulit terlihat menonjol akibat penumpukan yang dapat menyebabkan inflamasi. Kulit pun terlihat kemerahan karena aliran darah ke area tersebut.

Adapun hal yang memicu proses pergantian kulit yang sangat cepat ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, orang dengan autoimun biasanya juga mengalami psoriasis.

Selain kekebalan tubuh, psoriasis juga dapat dipicu oleh penyakit lain yang sedang dialami, sebut saja pilek atau tonsilitis. Faktor genetik juga sedikit banyak berpengaruh.

Jenis-jenis Kulit pada Bayi Kering atau Psoriasis 

Psoriasis sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan di antaranya terdapat dua jenis yang paling umum, yaitu sebagai berikut.

Guttate psoriasis

Jenis psoriasis ini umumnya menimpa anak-anak. Guttate psoriasis tidak menyebabkan timbulnya bercak kemerahan pada anak, melainkan hanya berbentuk bintik-bintik kecil. Area yang muncul bintik biasanya pada tubuh serta tungkai lengan.

Plaque psoriasis

Plaque psoriasis merupakan jenis yang paling umum ditemukan dan dapat juga menimpa bayi. Gejala dari plaque psoriasis adalah munculnya sisik pada beberapa bagian tubuh yang berwarna keperakan. Timbulnya dapat di mana saja, namun pada umumnya terdapat di daerah siku, lutut, punggung bawah, serta kulit kepala.

Selain dari dua jenis psoriasis di atas yang terbagi berdasarkan bentuk bercak yang muncul serta area tumbuh, psoriasis juga terbagi menjadi psoriasis ringan dan berat. 

Orang dengan psoriasis ringan hanya 10% dari tubuhnya yang tertutup dengan psoriasis. Sedangkan pada kasus psoriasis berat, ruam muncul di banyak area dalam tubuh sekaligus.

Psoriasis pada bayi

Meski ada kemungkinan bayi mengalami psoriasis, ada beberapa penyakit pada bayi dengan gejala serupa. Sebut saja cradle cap, atau kulit kepala yang kering pada bayi hingga menyerupai ketombe. Juga sering terjadi ruam popok, jika ruam muncul pada area genitalnya. 

Penyakit kurap atau infeksi jamur pada kulit juga memiliki gejala mirip seperti psoriasis yaitu kulit kering dan munculnya ruam. Juga ada eczema atau ruam kronis pada bayi.

Melihat beberapa penyakit tersebut di atas, dapat dikatakan bahwa bayi sangat sensitif dengan masalah kulit. Masalah kulit tersebut memiliki gejala hampir mirip-mirip, oleh karena itu jika kulit kering atau muncul ruam pada bayi, sebaiknya membawanya ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih pasti.

Cara menyembuhkan psoriasis pada bayi 

Penanganan pertama yang tepat jika bayi menimbulkan gejala psoriasis adalah dengan membawanya ke dokter. Untuk masalah pada area kulit, biasanya bentuk penanganan yang diberikan adalah obat oles luar yang aman untuk bayi.

Jika masih tergolong ringan, Anda juga dapat mengoleskan pelembab pada kulit bayi setelah memandikannya, serta menambahkan minyak ke air yang digunakan saat mandi agar tidak terlalu bersifat mengeringkan.

Jika psoriasis sampai pada tahap yang cukup kronis, kemungkinan dokter akan memberikan obat telan.

Psoriasis dapat menimbulkan gatal-gatal, oleh karena itu Anda dapat membungkus tangan bayi dengan sarung tangan agar ia tidak menggaruk daerah ruam dan membuatnya infeksi.

Cara mencegah kulit bayi kering 

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Lakukan cara-cara berikut ini agar kulit bayi tidak kering yang dapat berpotensi menimbulkan masalah kulit lanjutan.

  • Pastikan kebutuhan cairan harian bayi tercukupi dengan baik, mulai dari ASI dan air putih. Kebutuhan cairan yang cukup dapat membantu melembapkan kulit dari dalam.
  • Bilas kulit bayi setelah berenang. Kolam renang mengandung klorin yang jika tidak dibilas, dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering.
  • Jika sedang berada di area yang dingin, kenakan pakaian yang tetap membuat bayi merasa hangat, mulai dari pakaikan jaket, kaus kaki, serta sarung tangan. Udara dingin dapat memicu kulit yang kering.
  • Pastikan temperatur air mandi bayi tepat. Hindari memandikan dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Air terlalu panas dapat membuat kulit kering dan air terlalu dingin dapat memicu terkenanya flu.
  • Jaga durasi mandi bayi. Selain temperatur air, mandi dalam durasi yang terlalu lama juga dapat memicu kulit kering pada bayi. Batasi durasi mandi bayi hanya selama 10 – 15 menit, tidak lebih.

Sebarkan info ini:

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar